Sabtu

Tips Tawar Menawar Dalam Berbelanja

Hobby belanja? tapi harga mahal ga sesuai kantong atau pengen dapet harga yang lebih murah.
Tips ini khusus buat kaum hawa yang hobi belanja, dan yang kepengen dapet harga miring.
Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada saat proses tawar-menawar dalam berbelanja.

Tips #1: Survey Harga
Sebelum belanja, sebaiknya survey dulu harga pasaran barang yang akan dibeli. Cek dari satu toko ke toko yang lainnya atau tanya sama teman yang sudah pernah beli. Knowlegde is power. Kalau kamu sudah tahu harga pasar dan harga jual dengan baik, kamu bisa menawar dengan lebih kuat dan percaya diri.

Tips #2: Tawar 1/2 Harga
Kalau barang yang kamu incar ini sangat spesifik dan tidak pasaran, kamu bisa tawar 1/2 harga dari harga yang ditawarkan. jadi kalau si penjual memberikan harga 100ribu, kamu tawar 50ribu. Nah dari harga yang kamu sebutkan kamu bisa pelan-pelan mulai naikkan tawaran, supaya harga yang disepakati tidak terlampau jauh dari harga penawaran.

Tips #3: No Doubt
Saat menyebut angka tawaran harus yakin tanpa ragu-ragu. Kalau kamu menyebut dengan suara pelan dan tidak yakin penjual bakalan tahu kalau kamu cuma basa-basi aja nawarnya.

Tips #4: Cultural Approach
Pakai bahasa yang sama dengan si penjual pada saat tawar menawar, kalau kamu ngga bisa, kamu bisa ajak teman kamu yang bersuku sama. Biasanya si penjual mau menurunkan harga lebih banyak karena merasa punya kedekatan atau kesamaan.

Tips #5: SKSD
Ajak si penjual ngobrol, seperti menanyakan situasi pasar, dagangan yang paling laku, atau tentang pesaingnya. Kalau kamu bisa mengambil hatinya pasti ada harga spesial buat kamu.

Tips #6: Jangan Pasang Muka yang Kepengen
Maksudnya, kamu boleh aja pasang muka tertarik dengan barang yang ingin kamu beli tapi jangan sampai mupeng. Kalau sudah satu-dua kali kamu tawar harga tapi penjualnya tetap kekeh, sebaiknya kamu langsung pergi dengan santai. Kalau penjualnya butuh dia bakal manggil kamu balik. Tapi kalau tidak, artinya kamu udah tahu harga matinya dan bisa cek di toko lain.

Tips #7: Tetap Sopan
Jangan menawar dengan ketus dan bernada meremehkan penjual, yang ada si penjual malah malas menjual barang dagangannya ke kamu dengan harga berapapun.

Tips #8: Take it or Leave it
Kalau kita sudah tau kualitas barang dan standard harga di pasaran, tapi si penjual tetap tidak setuju dengan tawaran kita, kamu tinggal pilih take it or leave it, if you take it jangan menyesal kalau nantinya kamu nemuin barang yang sama dengan harga yang lebih murah, karena rejeki emang enggak tertukar. hehehe...Happy Shopping Guys!! :)

0 komentar: