Kamis

Rumah Murah Program Pemerintah, Cicilan Rp,200ribu/bulan

Ini kabar gembira bagi masyarakat yang sudah lama merindukan punya rumah sendiri. Lihat saja, Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) berkomitmen membangun 100.000 unit rumah murah dengan harga Rp 20 juta - Rp 26 juta pada tahun ini. Itu bisa dikredit dengan angsuran Rp 200.000 - Rp 250.000 per bulan atau 20 persen dari penghasilan per bulan.
Program itu memang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Hanya masyarakat berpenghasilan maksimal Rp 1,5 juta per bulan saja yang bisa mengikuti program ini. ”Harga rumah ini ditentukan oleh lokasi atau tempatnya,” ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kempera Sri Hartoyo, Kamis (3/3).

Sri menuturkan, masyarakat yang akan mendapat rumah murah ini diberi kemudahan dalam peminjaman uang di bank. Bunga peminjaman di bank rata-rata sebesar 6 persen. Bunga ini lebih rendah dari rata-rata pinjaman kredit pemilikan rakyat (KPR) normal sebesar 8 persen - 10 persen.

Selain itu, dengan uang Rp 200.000 masyarakat sudah langsung bisa membeli rumah murah ini tanpa perlu ada uang muka. Masyarakat bisa langsung membeli rumah tersebut di pengembang atau kontraktor rumah yang mengikuti program ini.

Sumber : kompas.com

0 komentar: