Senin

Karena Kesal Bocah 2 SMP Membuat Program Artav Antivirus


Arrival Dwi Sentosa(13) siswa murid kelas 2 SMPN 48 Bandung bertekad ingin membuat program antivirus. Hal ini disebabkan karena ia merasa kesal dengan komputer yang dirakit ayahnya pada tahun 2003 yang sering terkena virus sehingga menyebabkan motherboard nya rusak.
Awal mula pembuatan, Ival sapaan akrab Arrival ini meminta dibelikan buku tentang komputer kepada orang tuanya. Pada pertengahan Januari 2010  Ival dibelikan buku oleh orang tuanya tentang belajar visual basic pemula dan buku dokter virus, ival pun selesai mempelajari bukunya dalam kurun waktu sebulan.
Dengan semangat pantang menyerah dan hanya berbekal buku-buku anak kedua dari pasangan Herman Suherman dan Yenni Sofia ini awalnya membuat antivirus seorang diri tanpa bimbingan dari orang lain. Seusai pulang sekolah setiap hari Ival mengerjakan program tersebut dari pukul 13 siang hingga pukul 23 malam. Dalam pembuatannya Ival pun sering mendapat kendala diantaranya code error.
Dalam perjalanannya membuat software antivirus Ival pun kemudian mendapat bimbingan dari Dadang, yaitu guru SMK Pratama Adi Banjaran.
"Pak Dadang banyak memberi masukan pada saya dalam membuat program ini ," tutur siswa 2 SMP ini. Selain keinginannya membuat penangkal virus, Ival pun harus terap konsentrasi dan konsekuen dengan pelajaran sekolahnya, yang dibuktikannya pada pembagian rapor dengan nilai rata-rata diatas delapan. Pada saat program selesai dibuat pada akhir Desember 2010, sang kakak, Taufik Aditya Utama (17) membuatkan logo dan tampilannya. Taufik menjelaskan "Arti dari lambang perisai adalah tameng dan pelindung." 
Logo dan tampilannya pun dikerjakan Taufik secara otodidak, tanpa ada bekal pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Hingga akhirnya logo dan tampilan selesai dibuat dalam waktu 2 minggu. Kemudian program antivirus yang sudah jadi itu mereka namakan ARTAV Antivirus, yang merupakan singkatan dari nama mereka yaitu Arrival dan Taufik. saat ini program antivirus  Artav sendiri sudah bisa di download gratis, sedangkan update database dilakukan seminggu sekali.

Ival menjamin program antivirus buatannya sanggup membasmi 2000 tipe virus dan ratusan ribu varian virus. Baik virus domestic ataupun luar negeri seperti warm, Trojan, conficer, sality, yuyun dan shortcun. Ival menjelaskan "Program antivirus Artav kapasitasnya kecil hanya 2,32 megabyte. Saat ini belum dipatenkan tetapi kedepannya kita berencana mematenkannya."
Ketika ditanya sudah berapa banyak yang telah mengunduh program ciptaannya, dia menjawab ,”Sejak Desember 2010 hingga saat ini sudah lebih dari 26.000 pengunduh. Baik dari Indonesia maupun mancanegara.”
Program antivirusnyapun selalu diperbarui, tanggal 16 Januari Ival mengenalkan Artav Internet Security 2,3 blue edition dengan tambahan fitur :
Fitur :
-Penambahan 74 Virus Asing, 30 Virus HP , 20 Virus Lokal.Total 124 Virus Tambahan
-Penambahan Fitur Baru ART-AnKey,yaitu Fitur Anti-Keylogger,dimana Kini Keylogger sedang marak.
-Perbaikan Pada Sality Detector
-Blue Edition GUI
-Perbaikan Online Update
-Penambahan Kecepatan Scanning
-Penghapusan Tools Hacking Windows Pass,File Recover & Delete Autorun.inf
-Penambahan Bahasa Inggris & Indonesia
-Perbaikan ARTAV-RealTime Protection
Daftar Virus Tambahan Yang dapat dihapus ARTAV :
Virus Komputer :
-Shortcut
-Conficker
-FannyBMP
-Keylogger
-Trojan.FakeGina
-Trojan.Clicker.Sharker
-VIRDEM
Virus HanPhone
-Cabir
-CommWarrior
-fscure2011
-Deathnote
-Kuntilanak
-Pocong
-Gerandong
-Beselo A-D
Tertanggal 19 Januari 2011 , Ival meng up-date 45 signature virus :
Update Signature Database Virus 19/01/2011
Total : 45 Virus Tambahan
- Cabir (virus)
- NET-Worm.Worm32.DoomWot (worm)
- NET-Worm.Worm32.DoomHunter (worm)
- New Heur Level.9 (virus)
- New Heur Level.9 PIF (virus)
- SHORTCUT (script)
- TROJAN-Spy.GhostKeylooger (trojan)
- TROJAN-Spy.AdvancedKeylogger (trojan)
- FakeFirewall (trojan)
- WORM.VBS.NETLOG (worm)
- WORM.VBS.Headtail (worm)
- And Many More


Dan terbaru, Ival memperbaharui program antivirusnya menjadi Artav Internet Security 2,4 ,
Penambahan AV Luar Yang Support dengan ARTAV :
-Microsoft Security Essentials
Perbaikan Fitur :
-Perbaikan Error pada Online Update
-Optimalisasi Bahasa Inggris
Penambahan Fitur :
-Worm Detector
-Penambahan Gambar Shiels True & False Sebagai Penanda
-Rootkit Detector
Virus Update :
-Penambahan 313 Variant Virus

 Keberhasilan Ival dalam membuat program ARTAV antivirus ini memang patut diancungi jempol dan pantas dibanggakan. Ival bocah 2 SMP ini anak bangsa yang merupakan cikal bakal bangsa Indonesia yang  mengharumkan bangsa Indonesia dikancah Internasional nantinya.

0 komentar: