Rabu

Manfaat Buah Pir

 Buah pir atau pear mempunyai banyak manfaat, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini selain rasanya yang enak dan segar, buah pir juga mempunyai nilai gizi yang cukup dan banyak menfaatnya bagi kesehatan tubuh. Buah pir mempunyai cukup banyak serat dari pada apel, perbandingannya 2 kali lipat, jika pada satu buah apel mengandung 3 gram serat, pir bisa mengandung 2 kali lipatnya yaitu 6 gram serat. Ini berarti buah pir mengandung cukup serat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari yaitu sekitar 20 persen.

Buah pir juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi kita dari kanker. Ini dikarenakan buah pir mengandung asam hidroxy cinnamic yang berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah pembentukkan sel kanker. dari beberapa hasil penelitian terbukti bahwa asam tersebut mampu mencegah pertumbuhan bakteri Shigella Sonnei, yaitu bakteri yang menjadi penyebab penyakit pada saluran pencernaan. Untuk mengkonsumsi buah pir sebaiknya jangan dikupas kulitnya, karena pada bagian kulit buah pir cenderung banyak terkumpul asam chlorogenic yang juga merupakan turunan dari hydroxy cinnamic. Bila buah ini ingin diberikan kepada bayi maka buah pir sebaiknya dikupas terlebih dahulu kemudian diblender tanpa ada tambahan gula, karena buah pir juga sudah mengandung glukosa yaitu rasa manis yang alami pada buah tersebut.
Selain itu, buah pir juga memiliki folat, yang telah terbukti bisa mencegah cacat pada saraf bayi. Maka wanita yang hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pir.

Buah pir juga cocok untuk mereka yang alergi terhadap suatu makanan, karena buah ini dapat menahan reaksi alergi terhadap suatu makanan, karena dinilai hipoalergenik.
Buah pir juga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan kolesterol dan meregulasi gerakan usus besar karena buah ini juga kaya akan pektin, yaitu serat diet yang bersifat mudah larut.

Tips memilih buah pir.
Pada saat memilih buah pir pilihlah buah yang tidak memar. terpotong, sudah berwarna coklat ataupun yang masih muda. Pir yang sudah cukup matang akan terasa lembut bila ditekan dengan jari. Pir yang sudah matang lebih baik dikonsumsi dalam waktu sehari atau dua hari, agar kita bisa mendapatkan kesegaran dari buah tersebut. Jika anda ingin membeli buah pir yang akan di konsumsi beberapa hari kemudian, maka pilihlah yang masih keras dan Biarkan buah pir matang dalam kondisi udara ruangan. Kalau anda ingin membuat buah pir cepat matang, sandingkan buah pir dengan buah apel, karena buah apel melepaskan gas etilen ke udara, yang membuat buah-buahan lain didekatnya menjadi lebih cepat matang.


0 komentar: