Jumat

Mubarak Resmi Mundur

Presiden Mesir Hosni Mubarak yang menjabat selama 30 tahun akhirnya resmi mundur dari jabatannya(11/2/2011). Hal ini dinyatakan oleh Wakil Presiden Omar Suleiman yang sekaligus salah satu calon yang disebutkan akan menggantikan Mubarak sebagai Presiden Mesir
“Para pemuda, pahlawan Mesir, pulanglah ke rumah dan kembali ke pekerjaan kalian. Dalam masa kritis ini, kita semua harus bersatu,” ujarnya dalam siaran televisi nasional, setelah Mubarak mengumumkan takkan mundur.

Awalnya Mubarak tetap bersikukuh tidak akan mundur dari jabatannya sampai pemilu tiba pada September mendatang. Puluhan ribu pengunjuk rasa yang berkumpul di Alun Alun Tahrir, Kairo, sudah terlanjur marah karena Mubarak tak turun dan malah menyerahkan pelaksanaan tugasnya ke Suleiman.
“Perubahan mulai terjadi. Pintu dialog masih terbuka. Presiden menyerahkan tanggung jawab stabilitas, melindungi properti, dan mengembalikan kedamaian ke Mesir. Serta membuat segalanya kembali normal,” lanjut Suleiman.
Tak banyak yang memperhatikan ketika Suleiman berpidato. Suleiman yang pernah menjadi kepala intelijen Mesir menyatakan akan berupaya sebaik mungkin untuk menjamin transisi pemerintahan berjalan lancar, damai, dan sesuai undang-undang.

0 komentar: